Category: Health Care
Print

  Asparagus adalah suatu jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan genus Asparagus. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal. Asparagus merupakan sumber terbaik asam folat nabati, sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, serta mengandung sangat sedikit natrium.

 

 

 

Asparagus banyak ditanam di Amerika, khususnya di Amerika utara, bahkan dari beberapa sumber Asparagus berasal dari sana. Daera-daerah yang banyak di tanamin asparagus antara lain Lembah California, Sacramento, New Jersey, Carolina Selatan, dan Illinois. Asparagus merupakan jenis sayuran yang dimakan rebungnya, rebung yang diambil adalah rebung yang besar berwarna putih mempunyai karakter lunak dan gemuk.

Asparagus biasanya disajikan sebagai sayuran segar atau makanan dalam kaleng, pengolahan asparagus tergantung minat dan kesukaan penggunanya.

Walaupun asparagus belum begitu dikenal di Indonesia, karena manfaatnya yang besar, tanaman ini memiliki prospek yang besar untuk dikembangkan sebagai peluang usaha pertanian.

 

Asparagus juga perlu diperhatikan agar segala manfaat dan kandungan gizi di dalamnya tidak hilang. Cara pengolahan yang baik adalah dengan merebus asparagus sekitar 3-4 menit, lalu diolah menjadi sup atau kimlo. Selain sedap disantap, khasiatnya juga luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Selain lezat diolah menjadi beragam masakan, asparagus juga mempunyai kandungan gizi yang sangat baik. Beragam mineral, kalsium, potassium, vitamin A, D juga E ada di dalamnya. Sayuran ini juga rendah kalori, baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani terapi diet.

Kandungan seratnya (dietary fiber) sangat tinggi.  Serat dalam asparagus mampu mengikat zat karsinogen penyebab kanker. Serat juga membantu lancarnya proses pencernaan tubuh sehingga Anda terbebas dari gangguan sembelit atau susah buang air besar. Beberapa lembaga ilmiah telah melakukan uji klinis terhadap asparagus. Terbukti sayuran ini mampu meningkatkan kesuburan pria. Kandungan asam amino asparagines merangsang ginjal membuang sisa metabolisme tubuh. Zat aktif lain dipercaya meningkatkan sirkulasi darah adn membantu melepaskan deposit lemak dalam dinding pembuluh darah. Sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang berjerawat, penderita eksim, gangguan ginjal dan prostat. (OL-08)

Selain itu juga asparagus memiliki khasiat yang lain, yaitu :

Asparagus yang biasanya direbus atau dibikin jus kaya kandungan gizi yaitu vitamin C, vitamin E, vitamin B6, kalsium, magnesium, seng, protein, vitamin A, vitamin K, tiamin, riboflavin, rutin, niasin, zat besi, fosfor, potassium, tembaga, mangan, dan selenium, serta kaya akan serat alami yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Sayuran ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah, tidak mengandung lemak atau kolesterol, dan memiliki kandungan sodium yang sedikit.

Dalam asparagus juga banyak terkandung asam folat.
Asam folat dapat membantu memudahkan mendapatkan kehamilan. Selain itu, asam folat sangat berguna bagi ibu hamil dan janin, untuk melindungi cacat tabung saraf bada bayi. Terus mengkonsumsi asparagus setelah kelahiran juga akan memperlancar produksi air susu Ibu (ASI).

Berkhasiat bagi kesehatan tubuh.
Khasiat asparagus bagi tubuh antara lain mampu memperbaiki sistem kardiovaskuler dengan memperkuat fungsi hati, memperbaiki aliran darah, dan memperkuat kapiler tubuh.

Sayuran ini juga berkhasiat untuk mencegah penyakit radang sendi, baik untuk penderita artritis, melindungi pecahnya pembuluh darah, mampu perbaiki kinerja ginjal, dan usus karena sifat diuretiknya (mengeluarkan cairan yang tak berguna dari tubuh dalam bentuk air seni). Dengan kata lain akibat efek diuretik ini akan membuat saluran urin menjadi lebih lancar dan mampu menghilangkan kristal ginjal. Namun jangan heran bila setelah mengkonsumsi asparagus, urin Anda agak sedikit berbau tajam seperti sehabis memakan petai.

  1. Asparagus dapat mencegah kram selama menstruasi.
  2. Asparagus memiliki antioksidan sehingga mencegah efek-efek penuaan.
  3. Asparagus mampu menaikkan libido dan memberikan rasa nyaman.
  4. Asparagus membantu dalam treatmen penyakit HIV.
  5. Asparagus membantu mencegah multiple sclerosis.
  6. Asparagus membantu mencegah penyakit kudis.
  7. Asparagus juga bagus untuk mata karena dapat mencegah katarak.
  8. Makan asparagus juga mampu menutrisi rambut untuk mencegah rambut rontok.
  9. Asparagus juga dapat menangkal kanker, khususnya kanker paru. Kandungan agen anti kanker di dalamnya mampu menyusutkan tumor, dan meningkatkan produksi sel darah putih.
  10. Asparagus juga berguna bagi penderita sakit gigi.

 

 

About us

KuduNyahoo.com Portal berita terbaru dan terunik

Info-info menarik disekitar kita

Editor

Hady Hidayat

Contact Us

email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Untuk komentar disini

Fan Page FB

Twitter : @kudunyahoo