Category: Kuliner
Print

 

 Kekayaan kuliner di Bandung bisa dibilang seperti harta karun yang tiada habisnya kita gali. Maklum saja,Bandung  ibarat magnet bagi para Pencinta kuliner, segala jenis makanan A-Z tumpah ruah di sini dan bisa dengan mudah Anda dapat.

 


 

 

 

 

Nasi Timbel

Nasi Timbel (nasi dibungkus daun pisang) adalah hidangan Indonesia khas Sunda yang biasanya dengan pelengkap: ikan/ayam goreng/bakar, sambal, tempe dan tahu goreng, sayur asem dan lalapan. Tersedia tiga macam nasi yaitu: nasi putih, merah dan hitam.

 

Nasi Timbel Istiqomah

Nasi Timbel Istiqomah sudah menjadi salah satu icon kuliner Bandung sejak pertama kali buka pada 1996. Lokasi warung tenda yang berada di depan masjid Istiqomah menjadi identitas jualan Ibu H Dede Khaidir. Tahun 2006 Ibu Dede memindahkan warungnya ke jalan Ciliwung dengan tempat yang lebih luas. Setelah pindah, halaman masjid istiqomah penuh dengan beberapa warung yang berjualan nasi timbel. Namun begitu, pelanggan lama tidak terkecoh dan tetap datang ke lokasi baru. Setiap hari Ibu Dede masih masak untuk bahan jualan. Dalam sehari, ia mampu menjual 700 porsi nasi timbel. Alamat Jl. Terusan Ciliwung no. 4 Bandung Utara/Sumur Bandung

Berikut tempat jual nasi timbel di Bandung :

Nasi Timbel Mangga
Alamat : Jl. Mangga samping Mesjid Miftahul Hidayah Bandung
Nasi Timbel Komplit ( ayam goreng, tahu, tempe, perkedel jagung, pepes tahu )

Kedai Nasi Timbel Dago
Alamat: Jl. Ir. Haji Juanda No. 117, Dago Bawah, Bandung

Saung Bambu
Alamat Jl. BENGAWAN 65 BANDUNG

Nasi Timbel Bawean - Alamat :Jl. Bawean, Bandung (Seberang Toko Kue Bawean / Sweetheart)

Nasi Bakar 15 -  Alamat : Jl. Cimandiri, belakang Gedung Sate
1 paket nasi bakar berisi : nasi bakar terbungkus rapi dalam bungkusan daun pisang yg wangi dan Paket Ayam bakar, bakwan jagung, tempe / tahu bacem dan sambel.

 

RUMAH MAKAN SUNDA DI BANDUNG

Tidak akan lengkap rasanya apabila Anda mengunjungi kota Bandung tanpa mencicipi makanan khas Sunda seperti nasi timbel dengan sambal terasi, lalap-lalapan segar, nasi tutug oncom dan lainya. Terdapat banyak restaurant & rumah makan sunda di Bandung, berikut adalah beberapa diantaranya:


Warung Nasi AMPERA

Berawal di sebuah tempat yang kecil dan sangat tidak representative di sekitar terminal Kebon Kelapa Bandung sekarang menjadi ITC Kebon Kelapa, H.Tatang Sujani S.Sos dan Hj. St.E. Rochaety (alm) mulai membuka usaha warung nasi khas sunda. Kurang lebih 50 cabang warung nasi AMPERA telah tersebar di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan baru-baru ini telah dibuka cabang Yogyakarta.

RM. Ampera Pusat
Jl. Soekarno Hatta No. 394

 

Daftar Rumah Makan Sunda Di Bandung 

Sunda Kelapa
Jl. Pasir Kaliki No.187

Sari Sunda
Jl. Lengkong Besar No. 77 & 18A

Ma Uneh
Jl. Pajajaran

Saung Kabayan
Jl. Dr. Junjunan No. 107

Mang Kabayan
Jl. Sunda No.24
 

Bale Gazeeboo
Jl. Surapati No.49

Dago Panineungan
Jl. Ir. H. Juanda No.152

Sari Parahyangan
Jl. R.E. Martadinata No.156

Boga Kuring
Jl. Dago Bukit Utara No.53

Riung Sari
Jl. R.E. Martadinata No. 22

Sapulidi Cihampelas
Jl. Cihampelas 107 Bandung

 


 

Batagor Riri

Batagor riri didirikan pada 1985 oleh pasangan Rudy dan Devi Taniady. harga per buah batagor mulanya hanya 100 rupiah sekarang menjadi kira-kira sekitar 8000an rupiah per buahnya.Usaha ini berawal dari bengkel motor yang buka di lokasi yang sama, yaitu di jalan Burangrang, Bandung. Untuk menghidupi keluarga dengan 4 anak, bengkel dirasa kurang menguntungkan. Apalagi banyak pelanggan yang datang, tapi banyak yang tidak bayar. Akhirnya Pak Rudi kemudian meminta ibu devi utk berjualan makanan di sore hari. ibu devi memang memiliki keahlian memasak. Waktu itu, makanan yang dijual dari lomie sampai tahu kukus. Tahu kukus inillah yang kemudian jadi cikal bakal batagor.

Seiring berjalannya waktu, batagor inilah yang paling laku dijajakan. Kemudian mereka memutuskan untuk fokus jualan batagor saja. Saat ini di hari biasa, batagor Riri bisa menjual 500 buah batagor. Bahkan saking ramainya, sampai harus menerapkan sistem antrian untuk menjamin kelancaran dan kepuasan pelanggan. Ternyata dengan rumus dan strategi yang tepat, jajanan pinggir jalan seperti batagor bisa naik kelas. Belajar terus, mau menerima saran, dan mempertahankan kualitas adalah salah satu rumusnya.

 

 Alamat Batagor RIRI :
 Jalan Burangrang No.41
 Cabang:
 Paskal Hypersquare a21
 



 

 


 Yoghurt Cisangkuy

Dikenal dengan Yoghurt Cisangkuy, yoghurt yang dijual memang tidak asam seperti yoghurt pada umumnya. Sebaliknya, rasa yoghurt cenderung manis dan Anda akan semakin disegarkan dengan potongan buah yang ada dalam yoghurt. Jenis buah disamakan dengan rasa yoghurt yang Anda pesan. Bila Anda memilih yoghurt strawberry, maka buah strawberry akan ditemukan di dalam yoghurt. Begitu juga saat Anda memesan rasa anggur atau leci, maka Anda akan menemukan potongan anggur atau leci di dalamnya. Dengan adanya potongan buah, akan membuat yoghurt semakin segar untuk diminum. Jenis yoghurt yang ditawarkan ada berbagai rasa, mulai dari coklat, strawberry, anggur, leci, mocca dan rasa lainnya. Ada juga yoghurt spesial yang diberi campuran rum untuk menambah kenikmatan minum yoghurt. Harga untuk satu yoghurt yaitu kira-kira sekitar Rp 9.500,-an.

Selain yoghurt, Anda juga dapat mencoba jenis makanannya seperti kentang goreng. Bila ingin menu lain, Anda dapat memesan makanan dari pedagang keliling seperti batagor, siomay, sate dan makanan lainnya. Jalan ini memang ramai ditempati pedagang dengan barang dagangannya.

Anda dapat menikmati suasana tempat ini yang alami. Dengan bangunan tua yang bersejarah membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama. Apalagi bila Anda mendapatkan tempat di pekarangan. Ada banyak pohon-pohon di halaman depan sehingga suasana menjadi sejuk.

Selain minum yoghurt, di sepanjang jalan ini juga banyak kuda-kuda yang disewakan untuk mengelilingi taman. Atau Anda dapat juga menyewa becak kecil yang telah dihias untuk ditumpangi anak Anda dan orangtua yang menjalankan becak. Adanya taman yang sejuk telah membuat ada banyak sarana transportasi tradisional yang dimanfaatkan agar Anda dapat mengelilingi taman ini. Jadi setelah menikmati yoghurt, Anda dapat mengajak anak Anda untuk mencoba kuda atau becak sambil mengelilingi taman.

 

 

 Yoghurt Cisangkuy

Lokasi di Jalan Cisangkuy No. 66 Bandung

Areal indoor kedai dibuka dari jam 08.00-17.00 WIB

Selebihnya, pengunjung boleh menikmati hidangan di pekarangan rumah hingga pukul 20.30 WIB.

 

 

 



Jelajah Martabak

MODIFIKASI bentuk dan isi martabak menghasilkan varian baru seperti martabak mini, martabak jamur, martabak bolu, hingga steak martabak. Ada dua kategori martabak, yakni manis dan asin-gurih.

Martabak manis yang juga dikenal sebagai “kue terang bulan” atau “kue pinang Bangka” mengacu pada sejenis pancake atau omelet besar berisi cokelat atau keju parut. Sementara martabak asin-gurih (martabak telur) umumnya digunakan daging ayam dan sapi cincang, udang, sayuran.

Lalu disajikan dengan acar atau kuah saus berasa pedas, manis, asin. Seiring persaingan usaha yang makin ketat, orang pun kian kreatif memodifikasi resep menjadi makanan unik. Nasib ini pun dialami martabak. Saat ini, isi camilan berat ini tak hanya cokelat, keju, dan kacang tanah tumbuk.

Ditemui juga martabak manis isi wijen, kismis, kenari, jagung,hingga durian. Di Bali, jenis martabak jamur yang kaya protein juga banyak diserbu pembeli. Sementara di Semarang, restoran bernama Ufo mengklaim sebagai kafe martabak pertama di Indonesia dengan menu andalan steak martabak.

Metamorfosis martabak juga terjadi dalam ukuran. Di Kelapa Gading Jakarta misalnya, terdapat gerai Martabak Unyil Fatmawati yang menyediakan menu favorit martabak mini manis isi durian dan martabak telur ikan tuna. Ingin berkenalan dengan ragam martabak favorit lainnya?

 

Martabak San Fransisco

Didirikan pada tahun 1967, selain di Jl. Burangrang, mempunyai cabang lain di Jl. Karapitan, kota Bandung. Menu andalan adalah martabak manis spesial campur (1/2 keju, 1/2 cokelat kacang), dan martabak asin/telur spesial daging sapi.

Daftar Menu :
-Martabak manis
-Martabak asin
(tambah telor bebek)

Alamat :
Jl. Burangrang No. 42 Bandung Selatan/Lengkong

 

Martabak Bolu Golden Bell

Bentuk dan rasanya seperti martabak biasa, hanya teksturnya lebih lembut dan empuk mirip kue bolu. Walaupun sudah 4-6 hari, masih tetap empuk dan tidak terlalu berminyak. Nadia, salah seorang pemilik, menjamin produknya itu bebas pengawet. Triknya hanya pada pengadonan. Berbeda dengan martabak umumnya, martabak bolu juga dimakan tidak dalam kondisi panas.

“Martabak bolu cocok untuk oleh-oleh karena bisa tahan hingga tiga hari. Bahkan, jika masuk lemari es bisa tahan sampai 1 minggu,” kata Nadia yang telah setahun membuka usaha ini bersama adiknya. Kendati gerainya hanya ada di Bandung, martabak bolu lebih dikenal di luar Bandung.

Sejumlah pelanggannya bahkan sudah membawanya hingga ke Singapura, China, Hong Kong, dan Belanda sebagai oleh-oleh bagi sanak saudaranya. Satu kotak martabak bolu dengan pilihan rasa keju, cokelat, kacang, kismis (atau campurannya) dibanderol kira - kira sekitar Rp27.500- Rp30.000an.

 

 

 

 






Alamat Martabak Bolu Golden Bell :

Jl.Dangdeur Indah II no.1 (SuryaSumantri)
Bandung

 


 

Bubur Ayam Pajajaran Pak Amid

Bubur Ayam Pak Hamid ini adalah salah satu bubur tenar di Bandung. Selain jual bubur juga jual berbagai jus buah segar. Yang enak dari bubur nya Pak Hamid ini adalah karena isinya banyak dan ada pilihan ayam, ati ampela, telor, dan ada juga bagi yang suka si buburnya diadukin telor mentah.

Bubur Ayam Pak Hamid Pajajaran ini terkenal banget dari jaman lokasinya masih di Jl. Pajajarannya sampai sekarang yang sudah pindah (ke dekat situ juga) yaitu di Jl. Arjuna (depannya taman segitiga di Jl. Pajajaran).

Buat yang lewat daerah pajajaran kalau pagi berangkat ke kampus atau kerja, pas banget buat mampir dulu sarapan bubur ayamnya. Bubur Ayam Pak Amid  buka sampai malam jadi banyak juga yang makan siang dan makan malam  bubur pak Hamid

 


 

Mie Kocok

Mie Kocok ada makan populer yang berasal dari Bandung, Jawa Barat, yang terdiri dari mie yang di rebus  dan dikocok, ditambah urat atau kikil sapi, sayuran taoge, bakso sapi daun bawang, bawang goreng dan jeruk nipis beserta kuah kaldu sapi.

Mie Kocok yang sudah dikenal oleh masyarakat Bandung salah satu nya adalah Mie kocok Mang Dadeng. Dari segi rasa mie kocok mang Dadeng menyajikan rasa yang nikmat dan kikil sapi nya sangat empuk disajikan dengan bawang goreng yang lumayan banyak.

 

Mie Kocok Mang Dadeng

Alamat

Jl. Banteng (KH Ahmad Dahlan) No. 67, Bandung - Bisa masuk lewat jalan lingkar selatan (Peta) seberang hotel Horison, disebelah tempat jualan parfum

 


 

ES Campur

 Es Oyen

Es oyen mulanya hanya sekadar dijual di pinggir jalan. Persisnya di kawasan Jalan Bungsu atau yang kini dikenal dengan Jalan Veteran Bandung. pertama kali menjajakan es sejak tahun 1950-an. Kala itu Es Oyen dijajakan dengan cara dipikul. Ketika itu, es buatan Kakek Ba Eti belum ada namanya. Sebagai usaha yang masih tergolong kecil, pembelinya juga masih terbatas. kemudian mengenal es yang dijual Kakek Ba Eti dengan nama Es Oyen.

Es Oyen tidak hanya laris manis di daerah Bandung, bahkan dari luar Bandung.

Berbeda dengan Es campur dari daerah lain,Es campur dari Bandung biasanya disajikan diantaranya berisi :
- Ketan
- Alpukat
- Nangka,potong kecil
- Gula
- Mutiara / Agar-Agar potong kecil
- Es Batu / Es Serut
- Kelapa Muda, serut
- Susu

  

Selain itu ada juga Es campur yang lumayan terkenal yaitu :

Es Campur Pa Karma Jl. Banteng No. 22 Bandung (*ada peyeum ketan hitam nya enak..)

Es campur durian Pak Aip Jl. Tubagus Ismail I No. 1. Bandung (*bagi anda penggemar durian disarankan anda mencobanya)

 


 

Surabi - Pancake From Bandung

Serabi atau orang sunda memanggilnya Surabi adalah makanan yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa, Setiap propinsi mempunyai ciri khas dan resep masing-masing.

Surabi tradisional di Bandung biasanya disajikan dengan gula cair(manis), atau dengan oncom(asin).

Surabi Enhai

Di Lembang terdapat banyak tempat yang menyajikan Surabi, yang paling terkenal untuk kalangan anak muda adalah Surabi Enhai – disebut Surabi Enhai karena lokasinya berdekatan dengan kampus perhotelan di Bandung yaitu NHI, dulu nya adalah tempat nongkrong anak-anak kampus NHI, sekarang sudah ramai dikunjungi orang pada malam hari atau weekend.

Variasi toping di Surabi enhai yang mengikuti selera modern membuat Surabi ini banyak disukai kalangan anak muda. Ada rasa ada cokelat, sosis, keju, oncom, telur dll.

Alamat : Surabi Enhai - Jl. Dr. Setiabudi (Samping Kampus NHI) Bandung Utara

Buka mulai sore hingga tengah malam (18.00-23.00 wib).

 

 


 

Lotek

Lotek hampir sama dengan pecel atau di betawi disebut gado - gado, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel. Selain itu, kalau sambal pecel bumbu sudah dicampur sebelumnya, untuk lotek bumbu baru ditambahkan ketika akan dihidangkan.Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng.

Lotek banyak dijumpai di Bandung, sebagai referensi berikut tempat makan Lotek di Bandung

1.    Lotek Herry thea - buah batu no. 147

2.    Lotek Ramdan, dkt pasar ancol (di jalan moh ramdan)

3.    Lotek Mahmud - jalan mahmud, belkng SMAK BPK

4.    Lotek Jl. Macan

5.    Lotek Jl.Sabang (di gang dkt pasar dkt kantor polisi)

6.    Lotek Kalipah Apo - Lotek Kalipah Apo 42

7.    Lotek Ceu O’om - Jl. Alkateri

8.    Lotek Mak Emeh - Jl. Jurang deket ayam goreng Suharti Jalan Cipaganti

9.    Lotek Bu azis - jl parakan indah,sokarno hatta,depan honda auto best

10. Lotek kemuning - Jl. Kemuning deket prima rasa

11. Lotek Tea - jl.segar 2 no.37 ujung berung indah

12. Lotek Kelek - Jl Pungkur klo ke arah itc sebelum jalan pasundan

13. Lotek Rujak Ma Engkoy - Jl A.H. Nasution (Cikadut) seberang SPBU

14. Lotek Ciumbuleuit - Dekat VAA

15. Lotek Paranti - jl. cilentah 4

16. Lotek Bu tan-tan - jl.pungkur (deket kebun kelapa) masuk gang sbelah toko ban mobil, ada plangnya

17. Lotek Bi Timi - di pasar barat, belakang pasar baru tepatnya di gang bombay

18. Lotek Ciptarasa/Mang mamat - jl banteng dalam, masuk dari samping RS. Muhammadiyah

19. Lotek Ceu Anih - Jl. Cikutra Raya. pertigaan ke arah JL. Cikutra Baru. Dari arah jl. Pahlawan pas pertigaan TMP, belok kanan

20. Rumah Makan Lotek, Jalan Astiona 17

21. Lotek Ceu Anih - di Jalan Muararajen, tepatnya Kelurahan Cihaugeulis


  

Lihat Juga :  Tempat Makan Dengan Pemandangan Indah Di Bandung

 

Daftar Tempat wisata di Bandung :

 

Lihat juga : Cemilan & Oleh-oleh paling terkenal di Bandung

 

Untuk Hotel terbaik dan unik di Bandung lihat disini

 

 Lihat juga wisata Pantai yang tidak jauh dari Bandung "Ranca Buaya"

About us

KuduNyahoo.com Portal berita terbaru dan terunik

Info-info menarik disekitar kita

Editor

Hady Hidayat

Contact Us

email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Untuk komentar disini

Fan Page FB

Twitter : @kudunyahoo